12 December 2015

Step By Step Instalasi Wordpress 4.4

Filled under:

Wordpress adalah salah satu CMS (Content Management System) yang handal. Dan berikut ini adalah langkah-langkah dalam memasang atau instalasi wordpress di OS Windows. Namun sebelum dijelaskan langkah-langkah insalasinya perlu disiapkan terlebih dahulu syarat instalasi sebagai berikut :
  • XAMPP sudah terinstall. (Aktif Web Server/Apache & MySQL)
  • Master Wordpress, dapat didownload di https://wordpress.org/download/
  • Web browser sudah terinstall (Firefox, Chrome dll)
  • Operating System Windows Normal.

Setelah semua persyaratan sudah disiapkan selanjutnya kita dapat melakukan instalasi wordpress dengan langkah-langkah sebagai berikut :
  1. Ekstrak file master wordpress di folder ..\xampp\htdocs\namafolder dengan nama folder sesuai keinginan misal wordpress, secara default akan berada di c:\xampp\htdocs\wordpress
  2.  Setelah ekstrak selesai buka browser kemudian ketikkan pada browser "http://localhost/wordpress"
  3. Jika apache aktif maka akan tampil halaman instalasi sebagai berikut :
  4. Pilih bahasa yang digunakan untuk instalasi kemudian tekan "Lanjutkan".
  5. Halaman berikut akan tampil dan untuk melanjutkan instalasi tekan "Ayo!"
  6. Selanjutnya pada tampilan seperti dibawah ini kita isikan informasi database MySQL yang akan di install wordpress. Jika belum membuat database supaya membuat terlebih dahulu melalui PHPMYADMIN, misal nama database wordpress seperti dibawah.
  7. Masukkan informasi nama pengguna mysql, secara default "root"dan password sesuai password MySQL yang terinstall dan Host Basis Data isi dengan localhost. Prefiks tabel dapat kita biarkan wp_ untuk menandai bahwa itu adalah tabel wordpress
  8. Selanjutnya tekan Kirim, dan jika informasi database benar akan tampil halaman sebagai berikut :
  9. Tekan Jalankan Instalasi untuk mulai memasang wordpress, kemudian isilah judul web sites pada halaman yang tampil selanjutnya seperti dibawah ini :
  10. Judul web sites serta nama pengguna dan password untuk login ke halaman admin dan juga isi email untuk informasi dimana user akses dapat dikirimkan jika instalasi online.
  11. Jika password lemah biasanya harus memberi tanda centang pada konfirmasi password lemah, selanjutnya tekan Install Wordpress.
  12. Tunggu proses instalasi sampai keluar tampilan seperti dibawah ini.
  13. Dan untuk memulai masuk ke halaman admin tekan tombol Masuk Log dan silahkan login pada halaman login seperti dibawah ini :
  14. Tekan kembali ke Wordpress Site's untuk melihat hasil web dari instalasi wordpress. berikut contoh tampilannya :
    Demikian langkah demi langkah untuk instalasi CMS Wordpress dan semoga bermanfaat.

1 comments:

  1. Caesars Casino & Hotel in Atlantic City, New Jersey
    A guide to 광양 출장샵 Caesars Atlantic City. Our guide covers the top 광주 출장샵 The hotel features three full-service 부천 출장마사지 restaurants, 공주 출장마사지 two full-service and one 속초 출장마사지 full-service

    ReplyDelete